der@zino Blog: 9 Cara Memelihara Ginjal agar Tetap Sehat

Pages

Wednesday, October 27, 2010

9 Cara Memelihara Ginjal agar Tetap Sehat

Ginjal merupakan bagian dari saluran kemih. Fungsi utama sistem organ yang kompleks ini adalah membuang kelebihan cairan dan produk sisa dari darah. Ginjal juga berfungsi sebagai kelenjar endokrin yaitu menghasilkan hormon yang penting bagi pembentukan sel darah merah, mengatur tekanan darah serta pembentukan tulang. Untuk menjaga agar ginjal selalu sehat, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan.

1. Stop rokok
Hasil studi yang dipublikasikan oleh American Physiological Society pada tahun 2007 menyimpulkan bahwa nikotin merupakan faktor utama yang menyebabkan gangguan ginjal.

2. Serba terkontrol
Kadar gula darah, tekanan darah, dan kolesterol harus selalu terkontrol berada takaran normal.

3. Sesuaikan pola makan
Lihat kembali pola makan Anda dan ubah menjadi sehat, seperti menghindari soda terutama yang mengandung sirop jagung. Pilih pepadian, buah dan sayuran organik. HIndari makanan olahan, batasi garam, ganti daging penuh lemak dengan ikan atau daging putih tanpa lemak.

4. Singkirkan obat pereda nyeri
Jika tidak terlalu memerlukannya, hindari  mengonsumsi obat pereda nyeri, juga obat-obatan jenis nonsteorid atau NSAID. Atasi nyeri dengan cara alami, misalnya pijat dan akupuntur.

5. Sehatkan pencernaan
Tambahkan konsumsi probiotik, prebiotik, dan makanan kaya serat. Cara ini juga baik untuk mengurangi efek buruk pestisida yang ada pada makanan.

6. Segarkan tubuh
Caranya dengan minum air sedikitnya 6-8 gelas air putih sehari.

7. Sering bergerak
Jangan malas berolahraga. Jalan kaki 4-5 kali seminggu cukup untuk membantu menjaga kesehatan detak jantung, yang juga baik untuk ginjal Anda.

8. Sadari efek alkohol
Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah, salah satu masalah yang bisa berujung pada ganguuan ginjal. Juga membuat orang sering berkemih, sehingga beresiko mengalami dehidrasi.

9. Senyum dan bernyanyilah
Intinya adalah melakukan hal menyenangkan setiap hari untuk meredakan stres. Anda bisa bermusik sambil bernyanyi, murah senyum, tertawa bersama keluarga maupun teman. (GHS/rin)

  Sumber :Tabloid Gaya Hidup Sehat

Related Post

0 comments:

Post a Comment

Biasakan untuk menuliskan komentar setelah Anda membaca artikel.

FOLLOWERS

BLOG ARCHIEVES