der@zino Blog: Irak, Tujuan Wisata Dunia Berikutnya

Pages

Thursday, November 11, 2010

Irak, Tujuan Wisata Dunia Berikutnya

Irak bakal menjadi masa depan tujuan wisata di dunia. Berdasarkan Laporan Tren Global World Trade Market 2010 yang dibuat bersama dengan Euromonitor International, pariwisata Irak tumbuh dengan pesat, dengan makin banyaknya penerbangan dan kapasitas hotel di negara tersebut.

Keiktusertaan Irak dalam WTM di Excel Center, London, Inggris, pada 8-11 November ini merupakan yang pertama setelah 10 tahun. Menyusul berakhirnya Perang Irak yang mendera negara itu sejak tahun 2003, Irak terus bernegosiasi untuk mengundang lebih banyak investor di sektor infrastruktur pariwisata.

Lebih dari sepertiga proyek yang telah direncanakan telah berjalan, termasuk sejumlah hotel baru. Maskapai penerbangan internasional besar, seperti Lufthansa dan Austrian Airlines, juga telah memutuskan untuk memulai penerbangan ke Irak lagi.

Tahun lalu, wisatawan ke Irak berjumlah total 1,3 juta orang, sebagian besar adalah wisata religius yang berasal dari Iran. Pengunjung untuk urusan bisnis juga terlihat meningkat seiring dengan mulai naiknya minat investor asal Teluk. Mereka membuat jumlah pengunjung bisnis ke Irak naik 58 persen pada tahun lalu.

Pada tahun 2014 diperkirakan sudah 700 hotel buka di Irak. Hotel bintang lima, Divan Erbil Park Hotel dan Le Royal Park Hotel, akan dibuka di Erbil tahun 2011.

Ketua WTM Fiona Jeffrey mengatakan, kehadiran Irak di WTM 2010 membuka peluang besar bagi negara itu untuk menjadi ”titik panas” wisata dunia di masa mendatang. ”Negara tersebut menawarkan keragaman sejarah, budaya, dan pengalaman unik,” ujarnya.

Kepala Bidang Perjalanan Global dan Riset Pariwisata Euromonitor International Caroline Bremner mengatakan, masa depan pariwisata Irak terlihat cerah berkat naiknya permintaan perjalanan bisnis. ”Sekitar 700 unit akomodasi wisatawan diperkirakan akan menjamur dalam empat tahun ke depan, termasuk nama-nama besar yang menjanjikan,” katanya.

Laporan wartawati KOMPAS Fransisca Romano Ninik dari London, Inggris

Related Post

0 comments:

Post a Comment

Biasakan untuk menuliskan komentar setelah Anda membaca artikel.

FOLLOWERS

BLOG ARCHIEVES