der@zino Blog: Lima Cara Cegah Kecelakaan Saat Mengemudi

Pages

Monday, November 15, 2010

Lima Cara Cegah Kecelakaan Saat Mengemudi

Tahukah Anda bahwa sebagian besar kasus kecelakaan lalu lintas di jalan raya yang terjadi selama ini diakibatkan oleh faktor pengemudi.

Data Center for Disease Control menyebutkan hampir 40.000 orang meninggal dalam kecelakaan mobil setiap tahun. Setiap 10 detik, hampir selalu ada korban kecelakaan mobil yang mengalami cedera masuk ke ruang darurat rumah sakit.

Sementara itu, menurut data National Highway Traffic Safety Administration, enam belas persen dari seluruh angka kecelakaan fatal yang terjadi pada 2008 disebabkan oleh faktor pengemudi.

Jadi, sebaiknya mulai sekarang Anda yang setiap hari selalu mengemudi kendaraan untuk pergi ke kantor, lebih berhati-hati lagi.

Untuk menurunkan risiko Anda mengalami kecelakaan, berikut ini adalah lima hal yang harus Anda perhatikan saat mengemudikan mobil seperti dikutip dari Modern Mom.

1. Tertidur

US National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) memperkirakan sekitar 100.000 kasus kecelakaan yang dilaporkan ke polisi setiap tahun, penyebab utamanya ialah pengemudi mengantuk atau kelelahan.

Tertidur sering disebut sebagai "silent killer" karena sering diabaikan sebagai penyebab banyak kecelakaan. Hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kantuk ialah berhenti untuk sementara untuk istirahat, ganti pengemudi, atau istirahat cukup sebelum mengemudi.

Beberapa orang mencoba untuk memerangi kantuk saat mengemudi dengan membuka jendela atau menyalakan AC, mendengarkan radio, dan minum kafein. Tapi, menurut ahli, cara ini bisa bahaya karena konsentrasi mereka bisa teralihkan.

Jadi, sebaiknya tidurlah yang cukup, terutama malam sebelum melakukan perjalanan panjang. Ini merupakan satu-satunya cara untuk benar-benar mencegah kantuk.

2. Sambil melakukan banyak aktivitas

Semua perempuan, khususnya yang telah menjadi ibu rumah tangga, tentu pernah melakukan aktivitas ini saat mengemudi. Misalnya, memakai maskara saat berangkat ke kantor atau makan karena tidak ada waktu untuk berhenti.

Tahukah Anda, tindakan ini memang tampak tidak berbahaya. Tapi, ini sangat mengganggu dan berpotensi mengakibatkan kecelakaan.

Kalau Anda ingin melakukannya, sebaiknya menepi terlebih dulu. Lalu pakailah make-up Anda atau aktivitas lainnya yang ingin Anda lakukan.

3. Minum minuman beralkohol

Pengemudi yang minum alkohol berpotensi kecelakaan dibanding dengan mereka yang tidak minum. Minuman jenis ini dapat mengganggu fungsi visual dan konsentrasi Anda.

4. Menulis pesan singkat di ponsel

Ponsel memang memudahkan Anda untuk berkomunikasi di mana pun. Tapi, saat mengemudi, memakai ponsel bisa membahayakan keselamatan Anda di jalan.

Mengemudi memerlukan perhatian penuh. Membaca, menulis, dan mengirim teks merupakan aktivitas yang berbahaya jika dilakukan saat mengemudi.

Cara terbaik untuk menghindari godaan mengirim SMS ialah letakkan ponsel Anda dalam posisi diam atau lebih baik lagi letakkan di kursi belakang sehingga jauh dari jangkauan!

5. Jangan emosional

Jangan emosi saat mengemudi di jalan raya. Sebab, saat emosional, pikiran Anda tidak akan terfokus di jalan. Ketika Anda kesal atau marah saat mengemudi, Anda bisa menjadi lebih agresif dan tidak takut bahaya.

Jadi, sebaiknya luangkan waktu untuk beberapa saat guna menenangkan diri sebelum mengemudi. (art)
• VIVAnews

Related Post

0 comments:

Post a Comment

Biasakan untuk menuliskan komentar setelah Anda membaca artikel.

FOLLOWERS

BLOG ARCHIEVES