der@zino Blog: Manfaat Menggunakan Bar End pada MTB / Hybrid Bike

Pages

Friday, November 19, 2010

Manfaat Menggunakan Bar End pada MTB / Hybrid Bike

Bar ends merupakan salah satu komponen pelengkap dalam bersepeda, merupakan ektensi yang terpasang diujung setang kemudi sepeda. Pada umumnya Bar ends dipasang di MTB Hardtrail dan Hybrid. Para rider menggunakan Bar ends bertujuan  memberikan variasi jenis peganggan ketika berkendara dan dapat mengatuh posisi tubuh ketika riding.
Bar ends dapat juga meningkatkan kenyamanan bagi pengendara karena posisi tangan yang netral (telapak tangan ke dalam). Posisi tangan yang nyaman memberikan efek lebih pada ketegangan otot tangan ketika riding.
Grip Bar ends
Beberapa Bar ends sudah include dengan stang kemudi alias dilas menjadi satu dengan handlebar atau menjadi satu dengan handlegrip.  Bar ends mulai populer di awal 1990-an, mulai ditinggalkan ketika akhir tahun 1990-an. Dalam beberapa kasus, Bar ends menyulitkan rider ketika melintas medan yang berkelok, penggunaan bar ends yang terlampau panjang juga dapat mengganggu kenyamanan ketika melintas dimedan cross country yang banyak pepohonan.
Ergo Bar Ends
Ergo Bar Ends
Penggunaan Bar ends juga memberikan efek negatif ketika melakukan pengereman mendadak, karena rider harus memidah posisi tangan sehingga sepeda tidak berhenti seketika.
Berikut Kelebihan dan kekurangan penggunaan Bar ends.
Kelebihan :
- Memberikan kenyamanan riding ditanjakan
- Memungkinan tubuh untuk bernafas lebih nyaman, karena bagian atas tubuh terbuka.
- Beberapa model Bar ends dapat melindungi tangan anda ketika jatuh (posisi tangan normal).
- Membantu mencegah kelelahan (fatigue) dengan menawarkan lebih banyak variasi posisi tangan.
- Sedikit banyak membantu menambah kecepatan, karena posisi rider menjadi lebih menunduk.
Kekurangan :
- Menambah berat sepeda, karena adanya komponen tambahan.
- Jika menggunakan Flatbar berbahan Carbon, resiko setang kemudi patah sangat besar.
- Bar ends yang banyak beredar memakan kurang lebih 1Inch handlebar, jika anda rider yang memiliki bahu yang lebar tentunya penggunaan bar ends sedikit mengganggu kenyamanan.
- Peningkatan resiko cidera ketika crash, posisi tangan pada bar ends.
Tips pemasangan Bar ends :
Tidak ada aturan baku mengenai sudut kemiringan bar ends, kita dapat memulainya dari sudut 45 derajat. Jika dirasa posisi tangan terlalu maju kedepan atau terlampau kebelakang aturlah sesuai kenyamanan ketika ridding.
Specialized Carbon Bar ends
Specialized Carbon Bar ends
Bar ends yang panjang dan terpasang terlampau kebelakang membuat sepeda terlihat kurang menarik dan menambah resiko ketika jatuh .
Gunakanlah Bar ends yang egronomis sesuai dengan lekukan gengaman tangan, bar ends yang egronomis memberikan kenyamanan lebih ketika touring jarak jauh.
Carbon Bar ends
Carbon Bar ends
Jika kocek berlebih tidak ada salahnya menggunakan Bar ends berbahan carbon (mengurangi bobot sepeda) atau grip handlebar yang include dengan bar ends.
Grip Bar end - Foto Bikeradar.com
Grip Bar end - Foto Bikeradar.com
ref:
- wikipedia
- dirtworld
Jika ada menggunakan riser bars, ada baiknya jangan menambah bar ends. Selain fungsinya menjadi terkecualikan, banyak rider yang akan melihat tampilan sepeda anda terlihat aneh. Happy Cycling

 Sumber: http://zonasepeda.com/mtb/manfaat-menggunakan-bar-end-pada-mtb-hybrid-bike.html

Related Post

0 comments:

Post a Comment

Biasakan untuk menuliskan komentar setelah Anda membaca artikel.

FOLLOWERS

BLOG ARCHIEVES