der@zino Blog: Keliling Eropa Via Kereta Cepat

Pages

Thursday, December 30, 2010

Keliling Eropa Via Kereta Cepat

Kereta Eurorail  
 
Berencana liburan keliling Eropa namun hanya memiliki waktu yang singkat? Tidak perlu khawatir, benua seluas 10.180.000 km2 (termasuk pulau Britania Raya) ini sekarang dapat dieksplorasi para traveler cukup dengan menaiki jaringan kereta api Eurail yang telah menghubungkan 25 negara Eropa, mulai dari sisi Barat hingga sisi Timur.

"Pengalaman berkeliling Eropa menggunakan jaringan kereta Eurail bagi turis hanya punya waktu sempit, seperti saya, sangat membantu. Karena jumlah kota yang dikunjungi dapat dicapai dengan jarak tempuh lebih singkat, keretanya juga nyaman", beber Derrick Surya, Marketing Manager PT. Topindo Atlas Asia yang baru saja mengeksplorasi 8 negara Eropa bersama sang isteri.

Eurail Group merupakan perusahaan angkutan kereta rel di Eropa yang berbasis di Luxemburg, jaringan kereta ini setidaknya telah membantu menghubungkan jutaan orang dengan mobilitas cukup tinggi ke berbagai negara Eropa mulai dari Belanda hingga Rumania. Layanan kereta api berkecepatan tinggi ini juga beroperasi di kawasan Eropa Utara seperti Norwegia, Finlandia, serta Swedia.

Sistem penjualan tiket Eurail juga termasuk menguntungkan bagi turis yang ingin bepergian ke banyak negara Eropa. "Makin banyak negara yang dikunjungi harga tiketnya akan makin murah, karena dijual per paket", ungkap Derrick berbagai kisah dengan VIVAnews.

Uniknya tiket Eurorail dapat dibeli dari negara tujuan sang turis, hal ini memang disarankan karena selain lebih murah, perencanaan waktu perjalanan juga dapat dijadwalkan dengan baik. Biasanya tiket Eurorail bisa dipakai untuk perjalanan dalam kota di negara tujuan (misalnya jaringan kereta EuroCity).

Di beberapa gerbongnya jaringan Eurorail juga memiliki gerbong tidur untuk kereta yang beroperasi pada malam hari. Eurorail juga membagi penumpangnya berdasarkan kelas, di beberapa kelas, disediakan makan malam dengan konsep fine dining.

Eurorail sendiri terbagi dalam beberapa klasifikasi tiket, tergantung dari kebutuhan yang diinginkan penumpang. Untuk penumpang yang menyinggahi lebih dari 8 negara Eropa disarankan untuk memilih "Global Pass". Sedangkan bagi yang hanya ingin menghabiskan waktu di satu negara, terdapat pilihan tiket "One Country Pass".

Dalam tiketnya yang berbentuk seperti brosur, Eurorail juga memuat halaman khusus "Travel Report" yang dapat diisi dengan agenda perjalanan penumpang seperti memuat jadwal keberangkatan, jadwal tiba di sebuah negara serta nomor kereta.

Eropa memang salah satu benua terluas di bumi dengan 50 negara di dalamnya, mengunjungi setiap negaranya tentu akan memakan waktu yang tidak sedikit, adanya jaringan kereta Eurorail sedikit banyak telah membantu jutaan orang di dunia yang ingin berkeliling di benua tertua ini. (pet)


• VIVAnews

Related Post

0 comments:

Post a Comment

Biasakan untuk menuliskan komentar setelah Anda membaca artikel.

FOLLOWERS

BLOG ARCHIEVES