der@zino Blog: Melihat Umang-umang di Pantai Rupat

Pages

Thursday, December 30, 2010

Melihat Umang-umang di Pantai Rupat

Lihat Umang umang di Pantai Rupat wisatamelayu.com
 
Melewati libur akhir tahun di Provinsi Riau, jangan lupa berkunjung ke Pantai Rupat yang keindahannya tak kalah dengan pantai-pantai di Bali. Pantai ini mempunyai panjang sekitar 11 Kilometer dengan lebar 30 meter jika air dalam keadaan surut, atau 7 meter jika air laut dalam keadaan pasang.

Pantai Rupat umumnya ramai dikunjungi oleh para wisatawan terutama pada bulan Shafar, saat dimana masyarakat sekitar melakukan ritual Mandi Shafar. Bulan Shafar adalah bulan kedua mengikut perkiraan kalendar Islam yang berdasarkan tahun Qamariah (perkiraan bulan mengelilingi bumi).

Pantai Rupat memang terkenal sebagai pantai yang memiliki kekhasan tersendiri. Ini terlihat dari hamparan pasir putihnya yang membentang di sepanjang pinggir pantai. Selain berwarna putih, pantainya yang bersih juga dipenuhi binatang-binatang kecil yang biasa disebut umang-umang.

Umang-umang, terkadang secara tidak sengaja membentuk susunan yang seolah-olah memerahkan sebagian bidang pantai, sehingga menghasilkan keunikan tersendiri jika Anda menyaksikannya.

Pantai ini juga mempunyai air laut yang masih jernih dengan ombak yang tidak terlalu besar, sehingga sangat cocok untuk kegiatan berenang, berjemur, berolahraga air, rekreasi keluarga, dan bersantai.

Anda yang mengunjungi pantai ini juga dapat melihat perbukitan Malaysia dengan mata telanjang, karena jaraknya yang tidak terlalu jauh. Selain itu, ada tampilan rumah-rumah nelayan di atas air laut yang biasa disebut Rumah Togok.

Bagi yang mempunyai hobi memancing, pantai ini siap menyalurkan hobi Anda tersebut. Kegiatan itu akan semakin menyenangkan sembari menikmati suasana pantai yang elok dan memesona.

Pantai Rupat yang terletak di pinggir Selat Malaka, Kabupaten Bengkalis, Propinsi Riau dapat dicapai dari Kota Dumai menggunakan transportasi laut dari Pelabuhan Dumai. Perjalanan dengan kapal motor (motor boat) atau kapal cepat (speed boat) biasanya memakan waktu sekitar 2,5 jam.

Selain itu, Anda juga dapat naik kapal feri ataupun kapal pesiar dari Kota Dumai yang sering melintasi pantai ini. Dari dua jenis kapal ini, karena belum tersedia dermaga di sepanjang pantai, Anda harus pindah ke kapal kecil (pompong) untuk sampai ke Pantai Rupat. (wisatamelayu/*/X-13)

Related Post

0 comments:

Post a Comment

Biasakan untuk menuliskan komentar setelah Anda membaca artikel.

FOLLOWERS

BLOG ARCHIEVES