der@zino Blog: Liburan Seru Ala Backpacker

Pages

Tuesday, December 28, 2010

Liburan Seru Ala Backpacker

Backpacker (inmagine)
 
Berlibur dan bertualang bermodal ransel bisa menjadi pengalaman menantang sekaligus menakutkan. Peralatan, keamanan dan kondisi piknik ala backpacker berbeda dari sekadar mengikuti paket wisata.

Maka itu, agar liburan berjalan lancar dan menyenangkan, Anda perlu mempersiapkan segala sesuatunya sebelum berangkat. Situs All Women Talk memberi bocoran delapan hal yang perlu diperhatikan bagi calon backpacker.

8. Sandal flip flop dan sepatu antibocor
Bayangkan Anda harus menghadapi kondisi becek atau banjir di tempat asing. Atau, harus bersama-sama mandi dengan banyak orang. Jadi, siapkan sandal jepit (flip flop) untuk digunakan saat mandi untuk melindungi agar Anda tak perlu bertelanjang kaki.

7.Bawa kebutuhan penting
Anda akan memanggul ransel, karena itu siapkan barang-barang yang benar-benar dibutuhkan. Usahakan membawa pakaian dan peralatan yang bisa digunakan berkali-kali. Untuk berjaga-jaga, bawa obat-obatan dan perlengkapan pribadi yang Anda gunakan untuk menghindari harus membeli obat di tempat yang tidak Anda kenal.

6. Batasi uang tunai
Jangan membawa terlalu banyak uang tunai, karena risiko hilang atau dirampok makin besar. Gunakan uang tunai seperlunya untuk memudahkan transaksi saja. Kartu debit atau kredit membuat pencuri tidak memiliki banyak waktu, dan Anda bisa memblokirnya lebih cepat.

5. Asuransi perjalanan
Hal ini sangat penting agar perjalanan terjamin. Jika mengalami kecelakaan, ada perusahaan yang akan membayar semua tagihan. Pertimbangkan jenis jaminan agar tak terlalu menguras kantong.

4. Beli ransel kokoh
Ada banyak toko yang khusus menjual perlengkapan bagi para backpacker yang dapat memudahkan petualangan. Umumnya, ransel backpacker lebih kuat dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan lama perjalanan.

3. Parfum atau body spray
Selain untuk memberikan kesegaran, dalam kondisi darurat, Anda dapat menyemprotkan parfum di wajah orang yang berniat jahat. Sehingga Anda memiliki cukup waktu melarikan diri.

2. Jika bepergian sendiri, beritahu keluarga
Pastikan keluarga mengetahui berapa lama Anda pergi. Apabila ada perubahan apapun, beritahukan mereka. Saat mereka tak mendengar kabar dari Anda, mereka akan menghubungi pihak berwenang setempat. Tinggalkan salinan surat-surat berharga seperti paspor, tiket perjalanan dan rekening Anda agar keluarga dapat memantau dari jauh.

1. Cobalah mencari teman seperjalanan
Keselamatan paling penting saat bepergian ke wilayah asing. Seorang teman perjalanan selama bepergian akan lebih baik. Atau, bila memungkinkan temukan teman agar saling menjaga satu sama lain selama petualangan Anda.

• VIVAnews

Related Post

0 comments:

Post a Comment

Biasakan untuk menuliskan komentar setelah Anda membaca artikel.

FOLLOWERS

BLOG ARCHIEVES